5 Fakta yang membuktikan Games baik bagi Kesehatan

Selama ini banyak artikel serta penelitian yang mengatakan bahwa bermain game itu bukan merupakan suatu hal yang positif, baik dari segi kesehatan maupun dari segi psikologis dari gamer itu sendiri. Namun ternyata, juga ada beberapa penelitian yang berhasilkan menyimpulkan efek-efek positif yang dapat diperoleh oleh para gamer dengan cara memainkan video games. Berikut ini kami mencoba memaparkan 5 fakta yang membuktikan bahwa video games itu dapat membantu kita menjaga kesehatan.

  • Games dapat membantu menurunkan berat badan berlebihan
Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para maniak video games (dan juga orang-orang lain) adalah masalah obesitas. Hal itu sangat wajar, bagi gamer yang sehari-hari hanya memainkan game sambil menikmati camilan. Namun sekarang sudah ada banyak alternatif menyenangkan bagi gamers yang ingin menurunkan berat badan mereka. Salah satunya yang paling terkenal mungkin adalah Wii Fit, dimana dari beberapa Penelitian ynag dilakukan, walaupun tidak dapat sepenuhnya menghilangkan obesitas namun beberapa peneliti mengakui bahwa “exercise” yang ditawarkan dalam Wii Fit tersebut dapat membantu mengurangi masalah obesitas. Tentu saja dengan adanya Kinect serta PlayStation Move, makin banyak pilihan bagi para gamer untuk memainkan video game sambil menggerakkan badan.
  • Game dapat membantu gamer untuk mengambil keputusan lebih cepat
Dalam video game, kita mungkin terbiasa melihat berbagai object dalam layar LCD kita. Seringkali, ketika kita memainkan game-game bertema RPG maupun FPS, kita akan dipaksa untuk mengambil keputusan yang tepat dengan cepat, dimana keputusan-keputusan yang kita pilih tersebut akan memiliki efek yang cukup besar dalam gameplay. Kebiasaan itu ternyata juga dapat membantu gamer di dunia nyata. Penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester membuktikan bahwa gamer yang memainkan game Call of Duty dan Unreal Tournament selama 50 jam dapat menjawab pertanyaan 25% lebih cepat, dibandingkan mereka yang tidak memainkan game tersebut. Tentu saja dengan tingkat akurasi yang tidak berbeda.
  • Game dapat membantu meringankan rasa sakit
Banyak cara lain yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit selain dari obat-obatan, salah satunya adalah video game. British Journal Medicine menulis sebuah artikel yang menyebutkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dengan video game. Isi artikel itu antara lain bahwa video game dapat membuat gamer mengurangi fokus akan sakit yang dideritanya atau juga dapat digunakan sebagai pemulihan. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa beberapa game dapat digunakan untuk memulihkan atlet yang terkena cidera.
  • Game dapat membantu gamer berkendara dengan lebih baik
Beberapa penelitian yang dilakuakan membuktikan bahwa video game dapat membantu gamerberkendara dengan lebih baik dalam dunia nyata. Sementara penelitian lain juga menyebutkan bahwa video games tersebut juga dapat membantu orang-orang yang sudah cukup tua untuk berkendara dengan lebih aman. Yang cukup mengejutkan, game-game yang terbukti berguna tersebut bukannya Gran Tourismo series atau Need For Speed series, melainkan game-game seperti Medal of Honor dan Tetris.
  • Games dapat membantu mengurangi stress
Hal ini tentu saja merupakan alasan utama sebagian orang bermain games. Dan hal ini juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh East Carolina University. Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa beberapa games, khususnya game-game bertema puzzle, dapat membantu gamers untuk mengurangi stress mereka. Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa video games akan dapat membantu kita untuk mendapatkan “mood” yang lebih baik.
Itulah 5 fakta yang membuktikan bahwa video game ternyata juga dapat berguna bagi kesehatan kita sehari-hari. Namun tentu saja apa pun yang dilakukan berlebihan tetap tidak akan memiliki efek yang baik, oleh karena itu kita tetap tidak dapat menggunakan fakta-fakta diatas untuk membenarkan kita memainkan Medal Of Honor atau Fable III 24 jam sehari.

1 komentar:

Daniel Erick mengatakan...

Nice post gan

Posting Komentar

ATTENTION !!!!

Jika ada kritik, saran, atau link delete harap sampaikan pada kolom komentar di bawah

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2013 - Download Game 12
5 Fakta yang membuktikan Games baik bagi Kesehatan