10 Game Terpenting Sepanjang Sejarah Industri Game

Saat kita membicarakan industri game saat ini, maka sebagian besar dari kita tentu langsung menuju pada satu industri hiburan raksasa yang luar biasa. Sebagai industri yang berkecimpung di dalam ranah kreativitas, industri game saat ini sudah melahirkan begitu banyak produk, baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang mendukungnya. Untuk memastikan diri dapat memenuhi kebutuhan unik setiap gamer, seperti layaknya sebuah industri film maupun musik, Industri game juga terpecah menjadi beragam genre dengan keunikannya masing-masing. Polarisasi yang menjadi pilar-pilar utama yang membuat dunia game berdiri tegak.

Jika saya meminta Anda untuk menyebutkan satu per satu genre yang ada di industri game, maka sebagian besar dari Anda tentu tidak akan merasa kesulitan. Setiap genre biasanya memiliki satu atau lebih franchise yang mampu menampilkan kualitas yang luar biasa sehingga layak dicoba oleh gamer manapun. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika seorang gamer biasanya sudah pernah menjajal beragam genre yang terdapat di industri game. Sebut saja Action, RPG, racing, sports, RTS, FPS, side-scrolling, hingga yang unik seperti Interactive Drama dan Crime Investigation. Semuanya menawarkan tantangan dan sensasi bermain yang berbeda satu sama lain.

Namun pernahkah Anda bertanya-tanya di dalam hati, dari mana sajakah genre-genre ini lahir? Karena seperti yang kita tahu, sebagian besar dari genre game yang kita mainkan saat ini sejujurnya hanyalah merupakan turunan dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Para developer di masa modern ini seolah mendapatkan jalan lapang yang sudah dibangun oleh para pendahulu mereka. Mereka hanya memodifikasi genre yang ada dengan visualisasi dan plot yang baru, atau berusaha menggabungkannya ke dalam satu gameplay. Namun melahirkan sebuah genre yang benar-benar baru? Kualitas kreativitas ini seolah sudah lama hilang. Bahkan game sekelas NFS atau Modern Warfare sekalipun hanya menjadi pengekor dengan kualitas yang superb. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memberikan sedikit tribut untuk gamepencetus genre ini.

Tidak berlebihan tampaknya untuk menjadikan game-game ini sebagai game terpenting yang pernah lahir di industri game. Mengapa? Karena tanpa kehadiran mereka, kita tidak akan pernah mengenal industri game yang selama ini kita kenal. Anda ataupun saya tidak akan pernah menemui franchise-franchise besar yang membuat kita jatuh cinta dengan dunia game. Tanpa game-game terpenting di industri game ini, boleh dikatakan, tidak akan pernah ada industri game itu sendiri. Merekalah yang menjadi awal, menjadi dasar, sekaligus menjadi tiang bangunan yang meninggikan industri game seperti saat ini. Tidak hanya menjadi pengawal genre, tetapi juga teknologi yang kita kenal hingga saat ini.

Jadi, apa saja 10 game terpenting sepanjang masa yang pernah lahir di industri game?

10. Ultima Online
  • Release year: 1997
  • Publisher: Electronic Arts
  • Platform: PC



Dunia MMORPG di masa modern ini harus diakui berkembang sangat pesat. Game-game seperti World of Warcraft dan RIFT yang mendunia, atau game online adaptasi Indonesia seperti Ragnarok dan RF menjadi bukti yang paling nyata. Dengan kualitas koneksi internet yang kian cepat dan murah, para gamer kini dapat menikmati sebuah game MMORPG tanpa perlu mengalami kesulitan apapun. Bandingkan dengan apa yang harus dilakukan oleh gamer di tahun 1997, 15 tahun silam, dimana internet masih menjadi benda mewah yang sulit untuk didapatkan dan kecepatan adalah sesuatu yang langka. Di masa seperti ini, EA memperkenalkan Ultima Online, salah satu game MMORPG legendaris yang telah mengubah industri game. Mengapa ia pantas masuk ke dalam list ini? Karena percaya atau tidak, Ultima Online adalah gameMMORPG pertama di dunia yang berhasil membukukan pemain hingga 100.000 orang. Sebuah angka yang fantastis di kala itu. Berkat game ini jugalah, MMORPG Online berkembang.


9. Sim City
  • Release year: 1989
  • Publisher: Electronic Arts. Nintendo
  • Platform: Various




Apakah Anda termasuk penggemar game simulation? Game seperti ini biasanya akan memaksa Anda untuk memutar otak dalam mengatur resource yang terbatas untuk membangun sebuah kota, bangunan, rumah, atau bahkan pabrik. Beberapa Anda tentu mengenalnya dari game-game populer saat ini seperti The Sims atau seri Anno. Namun tahukah Anda siapa yang mencetuskannya? Sebuah game yang meminta gamer untuk lebih berfokus pada pengembangan dan pembangunan pertama kali, alias simulasi dicetuskan oleh seri klasik milik EA – Sim City. Seri yang dirilis pada tahun 1989 ini menjadi awal dari tren yang terus berkembang hingga saat ini. Bahkan Sim City sendiri telah berkembang menjadi franchise yang tumbuh bersama dengan waktu.


8. Quake
  • Release year: 1996
  • Publisher: Activision
  • Platform: PC, Mac, and consoles




Jika kita membicarakan genre game online yang paling populer saat ini, maka RPG dan FPS boleh dibilang memuncaki puncak persaingan. Dengan koneksi internet yang semakin mudah, franchise populer saat ini seperti Modern Warfare 3 dan Battlefield 3 mengusung sistem multiplayer online untuk mempertemukan gamer dari seluruh dunia pada satu pertempuran. Sebelum kedua franchise ini terkenal, Counter-Strike yang mengusung sistem LAN dan Online menjadi jawara yang berhasil mencapai popularitas yang tidak tergantikan selama bertahun-tahun. Namun, siapa yang sebenarnya menjadi pencetus ide petempuran dengan menggunakan koneksi internet ini? Benar sekali, game yang memperkenalkan format MMOFPSkepada industri game adalah Quake yang dirilis pada 1996.


7. Alone in The Dark
  • Release year: 1992
  • Publisher: Infogrames
  • Platform: Playstation, 3DO, PC




Resident Evil, Silent Hill, Siren, Clocktower, Dead Space, hingga Fatal Frame merupakan seri-seri survival horror terbaik di industri game saat ini. Semua judul tersebut bahkan berhasil merebut hati para gamer dan tumbuh menjadi franchise raksasa yang masih bertahan hingga saat ini. Pernakah Anda bertanya-tanya siapa yang pertama kali meramu horror dan sistem gameplay penuh action ke dalam satu game ini? Sebagian besar Anda tentu yakin bahwa Resident Evil yang begitu populer di masa Playstation pertama adalah pencetusnya. Ternyata anggapan ini salah besar. Genre survival-horror justru diperkenalkan pertama kali oleh seri Alone in The Dark yang begitu fenomenal di awal kemunculannya. Anda yang pernah memainkannya tentu masih ingat bagaimana para bayangan dan kegelapan yang ditawarkan benar-benar bisa membuat bulu kuduk Anda merinding. Ironisnya, justru seri pencetus ini yang akhirnya tidak berhasil menyelamatkan diri dan terlempat dari kompetisi di industri game saat ini.


6. Dune II
  • Release year: 1992
  • Publisher: Virgin Interactive
  • Platform: Amiga, DOS, Genesis/Mega Drive




Dune mungkin nama yang tidak terlalu dikenal oleh gamer saat ini. Namun di masa kejayaannya, judul game yang satu ini benar-benar fenomenal. Percaya atau tidak, Dune II buatan sang legenda – Westwood Studios merupakan game yang memperkenalkan genre RTS kepada dunia. Gamer dituntut untuk mengumpulkan resource, membangun pangkalan dan kekuatan militer, menggerakkan serangan, dan menghancurkan daerah musuh. Walaupun tampil begitu sederhana, Dune II telah menjadi inspirasi terbesar bagi kelahiran seri game RTS hingga saat ini. Bahkan beberapa game seperti Warcraft, Starcraft, hingga Red Alert masih mengusung inti permainan yang sama.



5. Wolfenstein 3D
  • Release year: 1992
  • Publisher: Apogee Software
  • Platform: DOS, Mac, 3D0




First Person-Shooter. Ketika kita membicarakan genre yang satu ini, maka sebagian besar dari kita akan secara otomatis memikirkan setidaknya tiga nama besar ini: Medal of Honor, Call of Duty, dan Battlefield. Ketiga game ini memang tidak dapat dipungkiri merupakan seri yang paling populer dalam satu dekade terakhir ini. Namun jika kita menilik lebih jauh ke belakang, maka akar dari sebuah game FPS tidak sejauh yang dibayangkan. Memegang senjata dalam sudut pandang orang pertama, menembaki siapa saja yang berada di depan mata, sekaligus memastikan diri selamat tentu akan membuat setiap gamer merasakan pompa adrenalin super kencang. Yang pertama mencetuskannya? Wolfenstein 3D pada tahun 1992. Game yang fenomenal ini memang mendapatkan banyak pujian di kala itu karena mekanisme gameplay nya yang inovatif.


4. Dungeons & Dragons
  • Release year: 1975
  • Publisher: TSR, Wizards of the Coast
  • Platform: Board game




Pilihan yang satu ini mungkin yang paling berbeda dibandingkan game lain yang berada di dalam list. RPG atau Role-Playing Game tentu merupakan salah satu genre paling populer di industri game saat ini. Dengan elemen permainannya yang kompleks serta plotnya yang selalu menarik, para gamer dituntut untuk bermain peran dengan secara aktif terlibat menjadi salah satu karakter yang memiliki latar cerita yang mendalam. Namun siapa sebenarnya pencetus dari genre RPG ini? Percaya atau tidak, RPG merupakan sebuah konsep awal dari Board game fenomenal – Dungeons & Dragons. Di board game yang satu ini, para pemain dapat memilih peran khususnya masing-masing, menjalankan quest bersama, bahkan saling berperang dalam dunia fantasi yang imajinatif. Berbeda dengan board game yang lain, Dungeons & Dragons hanya membutuhkan dadu sebagai elemen paling utama untuk memainkannya. Selanjutnya? Biarkan pikiran dan jiwa Anda merasuk ke dalam karakter yang Anda mainkan.


3. Super Mario Bros
  • Release year: 1985
  • Publisher: Nintendo
  • Platform: NES




Ada banyak alasan mengapa Super Mario Bros layak menjadi game terpenting di industri game. Ia memang bukan game side-scrolling pertama di dunia, namun kehadirannya memberikan sumbangsih yang super-besar untuk perkembangan industri game. Kesuksesan yang berhasil dicapai oleh Super Mario Bros telah berhasil membawa industri game memperoleh nama di seluruh dunia. Berkat kiprah sang tukang ledeng ini, industri game mulai bergerak sebagai industri hiburan mainstream yang mulai diterima oleh masyarakat dunia. Tidak hanya itu saja, Super Mario Bros merupakan game side-scrolling pertama dimana gamer menggerakkan seorang karakter dengan nama, nama kerajaan, dan misi yang jelas. Tidak berlebihan rasanya untuk menempatkan Mario ke dalam list ini.


2. Mystery House
  • Release year: 1982
  • Publisher: On-Line Systems
  • Platform: Apple II





Sebagian besar dari kita tentu tidak mengenal game yang satu ini. Saya bahkan cukup yakin bahwa banyak dari kita sendiri belum lahir atau bahkan direncanakan untuk hadir di dunia ini. Lantas apa yang membuat game yang lahir di awal tahun 1980-an ini begitu istimewa? Apa yang membuatnya tergolong sebagai game terpenting di industri game? Percaya atau tidak, Mystery House merupakan game pertama yang memperkenalkan “computer graphic” di industri game. Di awal kemunculannya, game hanyalah merupakan potongan piksel bergerak yang dapat dimanipulasi oleh gamer. Namun sejak kemunculan Mystery House, dunia di dalam sebuah game mulai merndapatkan perhatian dan mulai dibangun dengan kemampuan komputer itu sendiri. Tidak lagi hanya sekedar melihat piksel, game mulai mampu tampil dengan grafis dua dimensi yang sangat sederhana. Mystery House lah yang pertama kali menambahkan konten tersebut dan memperkenalkannya kepada dunia, intisari video game yang masih digunakan hingga saat ini.


1. PONG
  • Release year: 1972
  • Publisher: Atari Inc.
  • Platform: Arcade





Game paling penting yang pernah diciptakan di industri game? Maka tak lain dan tak bukan adalah PONG yang lahir untuk mesin Arcade Atari di tahun 1972. PONG hanya berisikan dua buah balok kecil yang saling memantulkan bola. Kemenangan diraih jika gamer berhasil memastikan balok lawan tidak berhasil menangkap bola yang dilemparkan. Apa yang membuat PONG begitu istimewa? Terlepas dari kenyataan bahwa PONG merupakan salah satu video game paling pertama yang diciptakan, PONG juga sering disebut sebagai cikal bakal dari game dengan genre sports yang kita kenal hingga saat ini. PONG di kala itu tampil begitu fenomenal dan menjadi salah satu game yang memperkenalkan video game generasi awal kepada dunia. Bayangkan saja jika Anda merupakan penduduk tahun 1970-an yang bahkan sulit untuk mendapatkan siaran televisi dengan baik. Walaupun hanya dalam bentuk piksel, fakta bahwa Anda dapat mengendalikan gerakan piksel balok di dalam layar televisi saja sudah pasti menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. PONG adalah batu pijakan terpenting dari industri game.



Di atas adalah 10 game terpenting sepanjang sejarah industri game. Sebagian besar dari mereka memang tampil sebagai game pencetus sebuah genre, atau sebagai yang pertama menawarkan fungsi dan fitur yang hingga kini masih digunakan oleh para pelaku di industri game. Tanpa kehadiran mereka atau inovasi para jenius yang berdiri di belakangnya, industri game tidak akan pernah mampu tumbuh dan berkembang seperti saat ini. Dari kacamata masa depan yang kita gunakan, sebagian besar game ini mungkin tampak lawas dan tidak menarik. Namun jika kita bisa memosisika diri sebagai anak muda yang lahir pada waktu yang sama dengan dirilisnya game ini, kita tentu bisa mengerti excitement dan kekaguman yang tercipta.



SEMOGA BERMANFAAT :)
Source : www.jagatplay.com

3 komentar:

Irfan Prastiyanto mengatakan...

nice share...


Desainew

Umar Arif mengatakan...

Hi admin,
I am interested to advertise on your website .
Your site has good traffic and we can make it possible for you to generate more revenue.
Apply on http://360advertisement.net/apply/ or contact me for further details at umar@360advertisement.net.

Joshua Keihl mengatakan...

Advertisement offer
Ad Placement 468x60
High Payouts, Real time earning dashboard, Fixed Price or CPA, Pay in advance
Anyone Contact me: keihljosh@gmail.com

Poskan Komentar

ATTENTION !!!!

Jika ada kritik, saran, atau link delete harap sampaikan pada kolom komentar di bawah / bisa tanyakan kami via YM Lendii_ndii@yahoo.com

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2013 - Download Game 12
10 Game Terpenting Sepanjang Sejarah Industri Game