REVIEW Grand Theft Auto IV



Grand Theft Auto IV, Rockstar memiliki sentuhan ajaib, perkembangan game-game buatannya selalu sangat mengejutkan. Dimulai dari GTA III yang merupakan game dengan konsep open world pertama, sampai ke San Andreas yang memiliki perkembangan yang jauh melebihi kedua GTA sebelumnya. Kali ini Rockstar memberikan kejutan yang lebih dahsyat, akhirnya serial GTA berani berhitung sampai IV. Di tengah-tengah era next-gen, Rockstar berani meluncurkan serial GTA terbaru. Kemajuan apa lagi yang telah dicapai oleh Rockstar melalui serial ini? Untuk lebih jelasnya mari kita simak review berikut.





Pendahuluan

Grand Theft Auto IV versi PC merupakan sebuah proyek pemindahan struktur game dari versi Console ke versi PC yang dimotori oleh Rockstar Toronto. Sebelumnya game ini digarap oleh Rockstar North yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia. Patut dicatat bahwa proyek pemindahan ini sebetulnya sudah dikerjakan terhitung pada tanggal 30 April 2008, tepat sehari setelah Grand Theft Auto IV versi Console dilempar kepasaran. Namun karena ketika itu masih ada masalah antara Take-Two Interactive dengan Sony Computer Entertainment dan Microsoft terkait masalah keeksklusifan game ini di versi Console, maka port project yang dilakukan oleh Rockstar Toronto sempat ditutup-tutupi. Seiring dengan melonggarnya kebijakan dan keberhasilan Take-Two Interactive dalam melobi Sony Computer Entertainment dan Microsoft, maka pada 6 Agustus 2008, pihak Take-Two Interactive secara resmi mengumunkan bahwa Grand Theft Auto IV resmi di port ke PC. Meskipun sempat tertunda jadwal perilisannya, namun pada akhirnya ditetapkanlah tanggal 2-3 Desember 2008 sebagai tanggal peluncuran resmi Grand Theft Auto IV versi PC.




Cerita
Player akan memainkan karakter baru yang bernama Niko Bellic. Seorang prajurit veteran Perang Bosnia yang datang ke Liberty City karena tertarik dengan cerita-cerita keberhasilan yang diberikan oleh saudara sepupunya, Roman Bellic. Roman yang telah lebih dulu pindah ke Liberty City mengatakan bahwa hidupnya sangat makmur dan sukses di tanah Amerika. Persis seperti apa yang ada dalam propaganda American Dream. Dimana individu itu sendiri memiliki rumah mewah, mobil mewah dan segalanya serba berlebihan. Sesuatu yang tak dapat Niko raih di tempat asalnya. Berangkat dari keyakinan untuk merubah nasib itulah maka Niko Bellic memutuskan untuk menuju Liberty City. Namun sesampainya disana nasib berkata lain. Apa yang terjadi dengan Niko Bellic? 

Tugas player lah untuk mencari tahu hal tersebut.




Gameplay
Inti dari permainan Grand Theft Auto IV ini tak ubahnya dengan serial-serial Grand Theft Auto sebelumnya. Dimana kita menerima job dari seseorang yang mana pada nantinya akan membawa kita kepada seseorang yang memiliki peranan yang lebih penting dari sebelumnya. Sebutlah, tangga bercerita yang bersistem kronologis. Lewat jobs yang mereka berikan kepada kita, story Grand Theft Auto IV ini akan mengalir layaknya sebuah film layar lebar. Perlu dicatat disini, story dalam Grand Theft Auto IV telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan jika kita bandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Cerita yang dihadirkan sangat layak disejajarkan dengan film-film Box Office Hollywood. Jauh kita melihat kedalam, ternyata sistem fighting di Grand Theft Auto IV juga telah berubah secara drastis. Pengadopsian sistem kover a la Gears of War telah membawa serial GTA ke-4 ini menjadi lebih real dan brutal daripada sebelum-sebelumnya. Player bisa melakukan blindfire takkala terjebak atau sudah tertekan dengan serangan-serangan mematikan pihak lawan. Disamping itu fitur Euphoria yang diimplementasikan oleh developer, makin membuat game ini menjadi semakin real. "Segalanya akan lebih hidup jika kita memasukkan Euphoria didalamnya", tukas Simon Lashley, Senior Designer Rockstar Games.
Terlepas dari itu semua, Grand Theft Auto IV masih merupakan game brutal dan sadis yang memperbolehkan para pemainnya untuk melakukan tindakan kriminal sesuka hati mereka di kota virtual.



Setting

Akhirnya Rockstar membuat ulang replika The City That Never Sleeps tersebut, tentunya dengan tingkat kedetailan yang amat sangat akurat. *Thank God*
Yaa, pemain akan kembali lagi ke Liberty City. Tapi jangan heran dengan perubahan drastis Liberty City versi Grand Theft Auto III dengan Grand Theft Auto IV ini. Di serial ke-4 ini, Liberty City benar-benar merupakan replika total dari New York City. Apa pun yang ada di New York City secara garis besar dapat pemain temukan di Liberty City kali ini. Terhitung mulai dari Statue of Liberty yang termasyhur, Empire State Building yang berdiri dengan kokohnya, sampai dengan Times Square yang gemerlap diwaktu malam. Semuanya dapat kita jumpai di Liberty City. Namun jangan heran kalau kalian tidak satupun menjumpai nama-nama tersebut, kesemuanya itu menggunakan nama pemberian Rockstar. Sesuai trademark mereka. Seperti Times Square yang dirubah menjadi Star Junction dan sebagainya.
Liberty City kali ini terbagi menjadi 5 distrik atau boroughs yang mana juga merupakan replika dari boroughs yang asli. Kelima boroughs tersebut adalah:

  • Algonquin
  • Broker
  • Dukes
  • Bohan
  • Alderney

Masing-masing boroughs memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
Seperti Algonquin yang dibuat berdasarkan Manhattan, yang mengklaim bahwa mereka adalah center of everything. Begitu juga dengan boroughs yang lainnya, ada latar belakangnya masing-masing.


Multiplayer

PC gamers bisa berbangga hati dengan fitur yang satu ini. Dimana ketika rekan-rekan mereka yang menikmati game ini di versi Console hanya terbatas hingga 16 pemain, maka mereka yang bermain di versi PC bisa menampung hingga 32 pemain. Berbagai mode permainan dapat player rasakan di GTA IV ini. Secara general, tipe permainannya dibagi menjadi 3 bagian yaitu Player Match, Ranked Matches dan Party Mode. Ketiga mode itu masih akan dibagi lagi menjadi sub-sub bagian.


Video Editor

Inilah salah satu kelebihan dari versi PC. Cukup dengan menekan satu tombol (F2) plus editan sana-sini maka sebuah memorable moment yang terjadi di dalam game ini dapat dikreasikan oleh para pemain. Untuk info lebih lengkapnya dapat dilihat disini: GTA IV Official Website - PC Section Added, Video Editor Details Emerge 



Penutup

Ok rekan-rekan. Tak ada yang lebih mengembirakan ketika kita sudah memainkan game ini nanti. Yang dibutuhkan sekarang hanyalah penantian yang akan segera berakhir.

Bersiaplah untuk menyambut a genuinely ground breaking blockbuster in videogame history!



=================================================================

Untuk anda yang tertarik ingin memainkan game Grand Theft Auto 4 ini, bisa memesan dari kami dengan harga Rp 8000/dvd, silahkan cek list GAME, SOFTWARE, dan OS kami 

http://downloadgame12.blogspot.com/2013/01/downloadgame12-store-online.html


================================================================




TERIMA KASIH !!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

ATTENTION !!!!

Jika ada kritik, saran, atau link delete harap sampaikan pada kolom komentar di bawah / bisa tanyakan kami via YM Lendii_ndii@yahoo.com

Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2013 - Download Game 12
REVIEW Grand Theft Auto IV